ukuran pintu rumah minimalis 2 pintu besar kecil

Saat ini tersedia berbagai ukuran kusen pintu yg bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan interior rumah. Kusen merupakan tahap frame untuk pintu dan jendela yg umumnya terbuat dari kayu.

Fungsi mutlak kusen merupakan menunjukkan nilai estetika yg lebih luar biasa untuk suatu bangunan.

Setiap tipe kusen mempunyai ukuran yg berbeda, tergantung dari tipe dan ukuran daun pintu yg digunakan. Kamu butuh memperhatikannya dengan teliti supaya kusen tampak indah.

ukuran pintu rumah minimalis 2 pintu besar kecil

ukuran pintu rumah minimalis 2 pintu besar kecil
ukuran pintu rumah minimalis 2 pintu besar kecil


ukuran pintu rumah minimalis 2 pintu besar kecil , ukuran kusen yang tepat untuk pintu ini bisa juga dengan 200 x 80 untuk pintu besar dan 200 x  50 untuk pintu kecil atau untuk menghemat ruang bisa mengunakan ukuran 200x80 untuk pintu besar dan 200x40 untuk pintu kecil

itu ukuran ideal buat pintu yang ingin memliki corak minimalis 2pintu besar dan kecil


Ukuran Kusen Pintu untuk Bangunan Rumah

Memahami ukuran kusen dengan baik merupakan info standar yg butuh kamu ketahui sebelum menentukan model dan juga materialnya.

Pintu merupakan tahap rumah yg paling penting sebab dipakai sebagai kawasan masuk dan keluarnya penghuni.

Pintu juga dijadikan sebagai gerbang yg menjaga keamanan rumah.

Agar terlihat keren dan bisa bertujuan dengan baik, kusen wajib dibangun sesuai dengan ukuran dan tipe ruangan. Berikut informasinya.

1. Ukuran Kusen Pintu Utama

Ukuran Kusen Pintu Utama
Ukuran Kusen Pintu Utama


Ketika menentukan ukuran kusen pintu utama, kamu butuh menghitung ketebalan dibagian segi kiri dan kanannya.

Umumnya ukuran kusen pada setiap segi sebesar 6 cm. Jika dipadukan dengan ukuran daun jendela yg dipakai jadi menjadi 12 cm.


2. Ukuran Pintu Utama single

Pintu mutlak 1 daun merupakan tipe pintu yg tak jarang dipakai oleh tak sedikit orang. Ukuran kusen yg tepat untuk tipe pintu ini merupakan 6 cm untuk setiap segi apabila ukuran daun pintu sebesar 80 cm x 210 cm.


Biasanya ketika kamu ingin memilih tipe pintu dengan 1 daun, jadi wajib diubahsuaikan dengan tampilan hunian supaya terlihat menarik.


Ukuran yg dipakai untuk membikin kusen tipe ini dengan memadukan daun jendela merupakan sebesar 12 cm.


3. Ukuran Pintu Utama 2 Daun

Ukuran kusen pintu dan jendela minimalis wajib diperhatikan dengan baik supaya komposisi hunian terlihat luar biasa dan nyaman. Saat ini model pintu mutlak dengan 2 daun sedang tak sedikit diminati.


Hal tersebut terjadi karena, penggunaan tipe pintu ini membikin hunian kamu terlihat lebih luas dan menunjukkan kemudahan terhadap penghuni untuk memindahkan perabotan dan juga perlengkapan rumah dikala dibutuhkan.


Ukuran daun pintu untuk tipe pintu ini merupakan 60 cm x 200 cm untuk masing-masing sisi. Sama halnya untuk ukuran kusen 1 pintu, tipe pintu mutlak 2 daun memperlukan ukuran kusen sebesar 6 cm untuk setiap sisi.


Namun kamu wajib mengukurnya 2x lipat, sebab tipe pintu ini terdiri dari 2 daun. Sedangkan untuk ukuran pada daun jendela merupakan 12 cm.


4. Ukuran Pintu Aluminium Kamar Tidur

Salah satu ruangan paling penting pada suatu rumah merupakan kamar tidur. Ruangan ini wajib dirancang sebaik mungkin untuk menunjukkan kenyamanan dan nilai tidur yg baik supaya kamu bisa segar kembali seusai beristirahat.


Material yg tak sedikit dipilih untuk pembuatan pintu merupakan tipe aluminium sebab lebih awet, kokoh dan mempunyai harga yg terjangkau. Idealnya kamar tidur mempunyai ukuran pintu sebesar 80 cm x 200 cm.


Jika ditambahkan dengan ukuran kusen dengan ketebalan 1-1.5 cm jadi pintu kamar akan mempunyai ukuran kurang lebih 92 cm x 220 cm. Kusen untuk pintu kamar terbukti idealnya hanya kurang lebih 1-1.5 cm supaya terlihat lebih minimalis dan simple.


5. Ukuran Pintu Geser

 


Untuk menampilkan konsep rumah yg minimalis, kamu bisa memakai tipe pintu geser.


Konsep pintu semacam ini sangat tepat bagi kamu yg mempunyai ruangan dengan ukuran terbatas sebab pintu geser sanggup mengurangi penggunaan lahan yg terlalu berlebihan.


Umumnya pintu geser dipakai pada berbagai ruangan semacam taman alias kawasan bersantai. Pintu geser umumnya terbuat dari bahan aluminium yg tahap atas alias bawahnya dibekali dengan rel supaya mudah dioperasikan.


Pintu geser mempunyai ukuran kurang lebih 210 cm x 80 cm. Namun bagi kamu yg menggunakannya untuk tahap taman, bisa membuatnya dengan ukuran yg lebih besar supaya pemandangan diluar bisa terlihat jelas.


Ukuran pintu geser bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Jika ditambahkan dengan ketebalan kusen kurang lebih 1 cm pada setiap sisi, jadi pintu geser mempunyai ukuran sebesar 220 cm x 92 cm.


6. Ukuran Pintu Lipat Dapur

Jenis pintu lipat biasanya dipakai untuk tahap garasi alias sekat untuk ruangan yg cenderung besar. Umumnya pintu lipat mempunyai 3 tahap daun pintu yg bisa dilipat sesuai dengan kebutuhan.


Ukuran setiap daun pintu yg dipakai pada konsep pintu lipat ini tak jauh tak sama dengan ukuran pintu mutlak yaitu kurang lebih 90 cm. Pintu lipat umumnya mempunyai tinggi yg kurang dari 3 meter.


Pintu lipat merupakan pilihan paling baik bagi pembatas ruangan. Di samping multifungsi, tipe pintu ini sanggup menambah nilai estetika suatu rumah dengan cara maksimal. Dengan begitu kamu bisa menambah fungsional dari suatu ruangan.


7. Ukuran Rel Pintu Sliding

Ukuran Rel Pintu Sliding

Jenis pintu ini terdiri dari 2 tipe yaitu tipe U dan tipe M. Untuk rel pintu sliding tipe U, biasanya mempunyai rel dibagian atasnya.


Sedangkan tipe M dibekali rel dibagian bawahnya. Kamu bisa memilih salah satu tipe yg sesuai dengan selera dan juga konsep rumah.


Menyesuaikan tata letak pintu tipe ini merupakan keharusan sebab akan mensugesti suasana rumah dengan cara signifikan. Umumnya pintu ini mempunyai ukuran kurang lebih 2-3 meter.


8. Ukuran Pintu Garasi

Pintu garasi mempunyai ukuran 3x lebih besar dibandingkan dengan ukuran pintu lainnya. Hal tersebut terjadi sebab garasi memperlukan ukuran yg lebih luas jadi lebih mudah untuk memasukkan dan mengeluarkan mobil.


Apalagi apabila kamu mempunyai kendaraan beroda empat lebih dari satu. Umumnya ukuran lebar untuk pintu garasi dengan 1 kendaraan beroda empat merupakan 2,7 meter. Ukuran tersebut sangat ideal dan membikin kendaraan beroda empat kamu lebih aman dari tabrakan pintu.


Jika ingin membikin garasi untuk dua kendaraan beroda empat kamu bisa memakai ukuran pintu 4-5 meter. Untuk tingginya, pintu garasi mempunyai  ukuran kurang lebih 2,1 meter.


Ini bukan ukuran yg mutlak sebab bisa diubahsuaikan dengan kebutuhan kamu yg kamu dan berapa tak sedikit kendaraan beroda empat yg dimiliki.


9. Ukuran Kusen Pintu Kamar Mandi

Terdapat berbagai tipe material yg biasanya dipakai untuk pintu kamar mandi, yaitu PVC dan aluminium. Kedua material ini mempunyai ukuran yg tak sama untuk diterapkan pada kamar mandi.


Jika memakai aluminium, kamu butuh membikin pintu kamar mandi dengan ukuran 40 cm x 180 cm. Umumnya bahan ini dipakai untuk rumah dengan konsep minimalis.


Namun untuk bahan PVC, kamu bisa membuatnya dengan ukuran 72 cm x 220 cm. Ini telah tergolong dengan ketebalan kusen yg digunakan.

Comments